Umroh backpacker

Seriusan umroh backpacker?

Iyak! Serius banget lah.

Dulu bayangannya, kita ngemper di masjid, nginep di dorm, makan nyari yang murah2 *ini saya banget kalo lagi mbolang* dan setelah mengalami sendiri *tsaah* hal2 tersebut benar2 tidak terjadi.

Alhamdulillah, selama 11 hari saya dan rombongan tidak terkatung katung gak jelas, cuman masalah handling bagasi di airport aja yang agak rempong.

Saya senang, nginep di hotel yang layak, makan makanan yang layak (padahal sudah siap diapet banyak, ternyata masih komplit sampai pulang) dan senangnya lagi bisa beribadah dengan lancar.

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Ini perjalanan yang subhanallah ya, persiapan cuman beberapa bulan, maklum niatannya bulan mei kemaren bukan umroh melainkan explore kamboja dan vietnam. Saya merelakan tiket pp jogja-kuala lumpur-kamboja-hanoi-kuala lumpur- surabaya sangat rela demi ibadah yang saya impikan sejak lama. Gaya banget ya, gaji gak seberapa mau umroh yang duitnya musti segambreng 😊.

Lagi-lagi saya berterimakasih sama eresia atas tiket promonya, bener banget kalo dia bilang everyone can fly, sempet nyesel juga karena melewatkan promo malaysian airlines dengan pp kl-jedd 1.3 jt siapa yang gak nyesel tinggal tunggu pembayaran lalu …. Zonk 😑 “rejeki tak kan kemana, Allah pasti punya rencana lain” kata teman saya mencoba menghibur.

Man jadda wa jadda “barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil

Dengan niat bismillah akhirnya, tiket promo bisa dibeli, kira2 sekitar 6.7 jt termasuk makan dan bagasi (ini jarang saya lakukan, kalo berpergian) selanjutnya nyari LA dan pengurusan Visa. Kemudian ada teman yang menyarankan ke kafilah akbar jadi untuk pengurusan visa dan LA (land arrangements) kita bayar 600$.

Leave a Reply

